Snippet

Fakta dari kesederhanaan seorang Ahmadinejad

Presiden satu ini terkenal dengan kesederhanaannya,seperti artikel seblumnya, Mahmoud ahmadinejad,simbol Pemimpin modern Yang sederhana dan bijaksana,    yukk kita simak beberapa fakta dari kesederhanaan beliau:

1. Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan Ia menyumbangkanseluruh karpet Istana Iran yang sangat tinggi nilainya itu kepadamasjid-masjid di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yangmudah dibersihkan.

2. Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima danmenghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruangtersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya denganruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihatimpresive.

1. Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan Ia menyumbangkanseluruh karpet Istana Iran yang sangat tinggi nilainya itu kepadamasjid-masjid di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yangmudah dibersihkan.

2. Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima danmenghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruangtersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya denganruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihatimpresive.

3. Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.

4. Di bawah kepemimpinannya, saat ia meminta menteri-menteri nya untukdatang kepadanya dan menteri-menteri tsb akan menerima sebuah dokumenyang ditandatangani yang berisikan arahan-arahan darinya, arahantersebut terutama sekali menekankan para menteri-menterinya untuk tetaphidup sederhana dan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabatdekatnya akan diawasi, sehingga pada saat menteri-menteri tersebutberakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepalategak.

5. Langkah pertamanya adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinyayang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhanawarisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran.Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu-satunya uang masuk adalahuang gaji bulanannya.
6. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250.

7. Sebagai tambahan informasi, Presiden masih tinggal di rumahnya.Hanya itulah yang dimilikinya seorang presiden dari negara yang pentingbaik secara strategis, ekonomis, politis, belum lagi secara minyak danpertahanan. Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwasemua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untukmenjaganya.

8. Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yg selaludibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan; roti isi atauroti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira, iajuga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untukpresiden.

9. Hal lain yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan,ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajakmasyarakat dan untuk dirinya, ia meminta terbang dengan pesawat terbangbiasa dengan kelas ekonomi.

10. Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri-menteri nya untukmendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sdh dilakukan, dania memotong protokoler istana sehingga menteri-menteri nya dapat masuklangsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikankebiasaan upacara-upacara seperti karpet merah, sesi foto, ataupublikasi pribadi, atau hal-hal seperti itu saat mengunjungi berbagaitempat di negaranya.

11. Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpatempat tidur yg tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di ataskasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut.Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden? Presiden Irantidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal-pengawalnya ygselalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut koran Wifaq, foto-foto ygdiambil oleh adiknya tersebut, kemudian dipublikasikan oleh media masadi seluruh dunia, termasuk amerika.

12. Sepanjang sholat, anda dapat melihat bahwa ia tidak duduk di baris paling muka.Ketika ia terlambat datang,ia tak sungkan untuk duduk bersama orang-orang biasa lainnya

13. Bahkan ketika suara azan berkumandang, ia langsung mengerjakansholat dimanapun ia berada meskipun hanya beralaskan karpet biasa.

14. Penikahan untuk puteranya saja sangat lah sederhana,stidak wahh sperti pesta pernikahan anak pemimpin lainnya. Tapi pernikahan putra Presiden ini hanya layaknyapernikahan kaum Buruh

Bandingkan saja dengan data yg baru-baru ini dilansir oleh ForumIndonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Lembaga ini melaporkanbahwa total anggaran untuk Istana Presiden mencapai Rp 203,8 miliar,dengan rincian penggunaan sebagai berikut :

1. Membeli Baju Presiden Rp 839 juta

2. Membeli Furniture Rp 42 miliar

3. Renovasi Gedung Setneg Rp 60 miliar

4. Road Blocker Rp 49 miliar

5. Pengamanan fisik dan non fisik VVIP Presiden Rp 52 miliar

Sumber seknas FITRA diolah dari DIPA Setneg 2010

Kapan yah Negara ini memiliki Presiden yang sesederhana Mahmud Ahmadinejad????

Leave a Reply