Snippet

10 penyakit mematikan antarspesies

Bakteri dan virus yang mematikan bagisuatu spesies dapat berkembang dengan cepat dan menular ke spesieslainnya. Contohnya adalah flu burung. Penyakit yang ditularkan darihewan ke manusia atau sebaliknya ini disebut zoonosis. Lebihdari tiga lusin penyakit bisa ditularkan melalui sentuhan langsung danlebih dari empat lusin lainnya ditularkan lewat gigitan.

Berikut ini adalah 10 penyakit mematikan yang penularannya terjadi antarspesies dan mengakibatkan kematian dalam jumlah besar.

Gorrilla
1. "Kepiting" dari gorila
Manusiatertular kutu genital dari gorila sejak 3 juta tahun lalu. Pada tahun2007, para ahli menyimpulkan penularan kutu yang dikenal dengan nama"kepiting" bukan disebabkan karena tidur bersama gorila melainkankarena tidur di sarang gorila atau memakan gorila.


2. Virus Manusia yang bunuh simpanse
Ekoturismedituding sebagai peneyebab menjangkitnya wabah penyakit pernafasansmpanse Afrika. Bukti-bukti kuat menunjukkan bahwa d iantara tahun 1999dan 2006 virus yang ditularkan dari manusia ke simpanse telah membunuhseluruh populasi simpanse di wilayah Afrika Barat. Virus tersebutadalah human respiratory syncytial virus (HRSV) dan human metapneumovirus (HMPV)

virus anthrax
3. Polio, patek, antraks
Ketigapenyakit berbahaya pada manusia ini telah menginfeksi hewan primata.Menurut Fabian Leendertz, ahli epidemiologi alam liar di RobertKoch-Institute, simpanse di Taman Nasional Gombe Steram di Tanzaniadiduga telah terinfeksi polio dari manusia.

Leendertzjuga menambahkan, gorila pun terinfeksi patek dari manusia, penyakityang berhubungan dengan sipilis namun tidak ditularkan melalui hubunganseksual.Wabah antraks yang diduga berasal dari hewan ternak yang digembalakan manusia juga pernah membunuh simpanse di Afrika Barat.

virus ebola
4. Ebola
Virusyang awalnya menginfeksi gorila dan simpanse ini kemudian menyebar kemanusia yang mengonsumsi hewan terinfeksi. Sekarang penyakit ini bisamenular dari manusia-ke-manusia melalui kontak cairan tubuh atau darahdengan orang yang terinfeksi. Pada pertengahan tahun 70-an wabah ebolatelah membunuh ratusan orang.

Helicobacter pylori
5. Kucing besar juga sakit maag
Singa, cheetah, dan harimau mendapatkan bakteri Helicobacter pylori,bakteri yang menyebabkan penyakit maag, ketika dulu mereka memangsamanusia purba. Penyakit ini masih dapat ditemukan pada kucing besarhingga saat ini.

daur hidup Toxoplasma gondii
6.Parasit perusak otak
Diperkirakan lebih dari separuh populasi manusia terinfeksi parasit Toxoplasma gondii di otaknya. Parasit ini disebut-sebut bisa meningkatkan risiko neurotisisme dan menjadi pemicu skizofrenia.

Inangutama parasit ini adalah kucing, tempat mikroba bereproduksi. Kucingyang dibiarkan liar akan lebih mudah terkena penyakit ini. Penularantoksoplasma ke manusia biasanya terjadi melalui kotoran kucing.

7. HIV/AIDS
HIV,virus penyebab AIDS, berasal dari simpanse dan primata lainnya dandiperkirakan menginfeksi manusia pertama kali satu abad lalu. Virus inimerusak kekebalan tubuh manusia dan membuka pintu bagi penyebab infeksimematikan atau kanker.

virus HIv
Pada akhir tahun 2007diperkirakan 33 juta orang mengidap HIV, termasuk sekira 2,7 juta kasusbaru di tahun yang sama dan sekitar 2 juta penderita -- termasuk 270ribu anak-anak -- meninggal selama tahun itu. Sebanyak dua pertigainfeksi HIV terjadi di Sub-Sahara Afrika.


8. Gigitan yang mematikan
Penyakit zoonosisyang disebabkan gigitan binatang terus meningkat dan membunuh ratusanribu orang setiap tahunnya. Nyamuk menjadi penyebab utama denganmalaria berada di urutan pertama karena telah menginfeksi lebih dari350 juta orang setiap tahun serta menewaskan lebih dari 1 juta diantaranya. Sebagian besar korban malaria ini adalah anak-anak diselatan Gurun Sahara. Sebanyak 50 juta orang per tahunnya terinfeksidemam akibat gigitan nyamuk, 500 ribu di antaranya dirawat di rumahsakit dan 2,5% penderita meninggal dunia.

virus pes
9. Wabah pes
Dampaknyayang sangat masif sempat melumpuhkan peradaban dunia. Peristiwa inidikenal dengan nama Black Death yang juga dikenal dengan wabah pes.

Wabah itu disebabkan oleh bakteri Yersinia pestisyang dibawa oleh tikus dan kucing. Namun bakteri ini menjadi sangatmematikan ketika menular kepada sesama manusia, seperti yang terjadipada tahun 1300-an. Gejalanya berupa demam, menggigil, lemah, danpembengkakan kelenjar getah bening yang amat menyakitkan. Bahkan hinggasaat ini, penderita yang tidak mendapat perawatan bisa menemui ajal.

virus H1N1
10. Wabah influenza
Wabahflu burung dan flu babi beberapa tahun lalu belum seberapa dibandingkanperistiwa terjadinya pandemi influenza di tahun 1918. Sebanyakseperlima populasi dunia terinfeksi dan diperkirakan 50 juta orangmeninggal disebabkan wabah yang menyapu dunia dalam hitungan bulan itu.Angka kematian tersebut adalah yang tertinggi dalam sejarah penyebaranpenyakit dalam jangka waktu singkat.



(Sumber: Live Science & NatGeonews )

See Also:
12 misteri alam terpopuler dan masih belum terpecahkan...
valentines day,.,sebnarnya boleh ga sehh??
Kumpulan photo gOkil I

Leave a Reply